Desember 25, 2009

Jalangkote' dan kroket

Setelah lama tidak posting akibat berbagai kesibukan, akhirnya ini hari bisa posting lagi (hehehe). kali ini tentang salah satu makanan khas kota daeng yaitu Jalangkote' dan Kroket. makanan yang ini sudah sangat populer di Kota Makassar, terutama yang namanya Jalangkote'. semua orang di Kota ini tahu yang namanya Jalangkote'.

Sebenarnya masih ada satu lagi jajanan khas kota Makassar yang di jual bersama dengan jalangkote' dan kroket ini, yaitu lumpia makassar. tapi berhubung kemarin kami tidak memesan lumpia, jadi untuk lumpia nanti pi saja nah..









Ini yang namanya Jalangkote'. Makanan ini dibuat dari tepung terigu yang pinggirannya dibuat bergerigi dan berisikan telur, kentang, wortel, bihun, dan masih banyak lagi yang namanya saya tidak begitu tahu :p lalu digoreng sampai masak. Jalangkote' biasanya dimakan dengan sambal khas yang agak encer. untuk sebiji Jalangkote' ini biasanya seharga Rp3000 dan banyak dijual di Jl.Lasinrang. tapi ada ji juga dijual dipinggir jalan, kalo yang itu harganya Rp500-1000. tapi resiko ditanggung sendiri.. (hahaha)

Kalo yang ini namanya Kroket. dibuat dari kentang yang dihaluskan lalu berisikan daging cincang sama wortel yang sudah dipotong kecil-kecil. dibuat dengan bentuk yang lonjong. harganya sama dengan Jalangkote' Rp3000. tapi kalo Kroket sambal agak kental dibanding Jalangkote'.

Untuk rasa, keduanya sama enaknya. tergantung dari anda mau coba yang mana.



Kabar Lainnya: