November 30, 2009

Demo besar akan sambut SBY di makassar

Menurut kabar yang beredar di Kota Makassar, Mahasiswa dan aktivis antikorupsi se-Makassar akan melakukan demonstrasi besar-besaran pada tanggal 9 Desember mendatang. Aksi ini bertepatan dengan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan menghadiri Hari Nusantara di Pantai Losari Makassar.

Para demonstran yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Makassar memprotes tanggapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap rekomendasi Tim Independen Verifikasi Fakta dan Proses Hukum Atas Pimpinan (nonaktif) Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah atau Tim 8.

Rencana demo akbar di Makassar diputuskan dalam Diskusi dan Dialog Keprihatinan Bangsa yang baru-baru ini digelar di Gedung Pertemuan Alumni (GPA) Universitas Hasanuddin (Unhas). Koalisi Masyarakat Sipil Makassar merupakan gabungan dari akademisi semua kampus di Makassar, mantan aktivis mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat (LSM), aktivis lembaga mahasiswa se-Makassar, serta tokoh masyarakat. Diskusi ini merupakan reaksi kekecewaan mereka atas tanggapan SBY terhadap rekomendasi Tim 8 yang dinilai tidak tegas, mengambang, dan membingungkan.

Menurut para aktivis, Kota Makassar merupakan salah satu barometer pemerintahan di Indonesia, sehinga bertanggung jawab melahirkan aksi, apapun bentuknya. Tanggal 9 Desember memang merupakan momen yang tepat untuk melakukan aksi yang bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia, karena sikap yang ditunjukkan oleh SBY tersebut akan memacu mosi tidak percaya masyarakat terhadap kepemimpinannya.

Bentrokan antarmahasiswa yang terjadi di Makassar belakangan ini juga tidak akan melemahkan gerakan mahasiswa dalam menghadapi masalah bangsa ini. Sejumlah aktivis mahasiswa yang hadir dalam diskusi tersebut menyatakan bahwa mahasiswa Makassar tetap solid dan tetap akan memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia diatas kepentingan pribadi para petinggi-petinggi negara.



Kabar Lainnya: