Desember 11, 2009

Penipuan di Pusat Perbelanjaan

Berhati-hatilah apabila ada seseorang yang datang menawarkan sesuatu pada anda di pusat perbelanjaan atau mall. Mulai dari menghipnotis korbannya, hingga banyak dari mereka yang berpura-pura menjual suatu barang dengan harga yang 'katanya' murah maupun memberikan undian yang sudah di atur sedemikian mungkin agar kita memenangkannya dan mendapatkan hadiah dengan membayarkan pajaknya terlebih dahulu sebesar yang telah ditentukannya.

Sudah banyak warga yang tertipu dengan muslihat seperti ini. Bermacam-macam cara yang mereka gunakan inilah yang mengharuskan kita harus lebih waspada terhadap orang yang tidak kenal. sekalipun mereka mengiming-imingkan kita dengan sesuatu, jangan mudah terperdaya kata-kata manis yang keluar dari mulutnya.

Mereka memiliki 'sales' yang disebar ditiap sudut pusat perbelanjaan. menurut kerabat kami yang pernah terkena penipuan seperti ini, awalnya dia dicegat di depan pintu masuk salah satu Mall di Makassar. kemudian dengan berbagai macam cara dan kata serta mengiming-imingi hadiah yang akan diterima jika ikut ke counter mereka, akhirnya si korban pun terjebak. setelah masuk kedalam 'perangkap', dia pun diberi hadiah langsung berupa jam dinding atau sejenisnya agar tampak lebih nyata. data diri dari sang korban pun segera diminta yang katanya untuk administrasi.

Sang korban pun diminta untuk membayar administrasi agar dapat langsung mengambil hadiahnya setelah diminta mencabut kupon undian yang dimenangkannya. Dengan terdesak akibat kata-kata yang berhenti dilancarkan, si korban kemudian mengeluarkan kartu kredit miliknya untuk dilakukan transaksi di mesin counter tersebut. disinilah 'keuntungan' mereka untuk menggaet dana dari si korban. mereka memasukkan jumlah pembayaran yang sangat besar yang tidak sesuai dengan apa yang katakannya kepada si korban.

Tak ada kata lain yang diucapkan si korban kecuali penyesalan dan rasa marah karena telah terkena tipu oleh oknum tersebut. Pihak yang berwajib pun seolah tak mampu berbuat banyak karena mereka menggunakan kedok jualan maupun undian berhadiah.

Maka dari itu, sebaiknya kita lebih berhati-hati apabila berada dipusat perbelanjaan bila ada seseorang yang menghampiri kita. lebih baik tidak memperdulikan mereka sebelum penyesalan menghampiri kita.



Kabar Lainnya: