Desember 20, 2009

Songkolo' bagadang

Ketika anda berada di Kota Makassar dan sedang merasakan lapar pada tengah malam, jangan bingung kawan. Selain Coto Makassar yang dijual pada larut malam, Songkolo' bagadang merupakan salah satu solusi apabila anda lagi tidak ingin makan daging.

Songkolo' Bagadang adalah salah satu makanan khas Makassar yang terbuat dari ketan yang dikukus serta ditaburi kelapa parut yang sudah digoreng. biasanya disantap bersama dengan ikan mairo (ikan teri) asin. Ketan yang digunakan berupa ketan hitam tapi ada pula yang memakai ketan putih.

Sepiring Songkolo' Bagadang ini rata-rata dijual seharga Rp5000. Banyak ji penjual Songkolo' dimakassar yang enak, misalnya di Antang yang merupakan warung Songkolo' bagadang yang paling terkenal, tapi kalo mau ki makan Songkolo' disitu harus ki antri napakamma jai tau nganre' disana. trus ada juga didaerah Maccini, tapi itu tommi iya, sangar dudui daerah na :(

ohh.. iya, kata bagadang dibelakang songkolo' itu karena Songkolo ini cuman ada pada malam hari. kaya anak muda jaman sekarang yang suka begadang (hehehe). namun karena dimakassar kata begadang biasa diucapkan dengan bagadang, maka jadilah dia Songkolo' Bagadang.



Kabar Lainnya: