Desember 15, 2009

Sop Saudara

Makanan khas kota Makassar ini sekilas mirip dengan Coto Makassar, namun Sop Saudara ini tak kalah dari Coto Makassar. meskipun daging yang digunakan sama namun rasanya tetap saja berbeda. Entah dari mana asal nama Sop ini sehingga ditambahkan 'Saudara', namun katanya, dilatarbelakangi hubungan kekerabatan di antara para penjualnya pada jaman dahulu hingga menjadi Sop Saudara.

Sop Saudara ini disantap bersama nasi dan ditemani dengan ikan bakar plus bumbu kacangnya (bagi yang mau pesan aja langsung.. hehehe), beda dengan Coto Makassar yang hanya didampingi ketupat. Penyajiannya memakai soun dan perkedel bersama dengan jeroan daging sapi.

Satu lagi yang membedakannya dengan Coto Makassar adalah mangkok yang digunakan lebih besar dan dapat ditambahkan dengan telur asin serta kuahnya yang gurih menambah nikmat dari Sop Suadara ini.

Harga dari Sop Saudara ini berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. salah satu warung Sop Saudara yang menurut kami sangat nikmat terdapat di Jalan Andalas dan Jalan Wahidin Sudirohusodo, meskipun di kota Makassar ini terdapat banyak warung sop saudara.

Jadi selain menikmati Coto Makassar ketika berkunjung ke Kota Makassar, jangan lupa untuk mencoba hidangan khas yang satu ini.



Kabar Lainnya: